multimedia dan virtual reality

multimedia
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu ([tool]) dan koneksi ([link]) sehingga pengguna dapat ber-([navigasi]), berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan.  Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game

contoh aplikasi
-Media Player
-§  Windows Media Player: Software ini diproduksi oleh Microsot dan merupakan satu paket dalam Microsoft Windows

§  Winamp: Software ini bersifat freeware / komersil dan diproduksi oleh Nullsoft. Inc

f§  Power DVD: software ini diproduksi oleh Cyberlink

. Image Editor
§  Adobe Photoshop

Software ini merupakan pengolah gambar dan foto yang cukup populer saat ini. Adobe photoshop dibekali dengan berbagai macam fitur yang lengkap sehingga membuatnya sebagai salah satu software multimedia terbaikSoftware ini dibekali dnegan basis bitmap yang merupakan kumpulan titik titik dengan kerapatan tertentu yang dikenal dengan nama pixel. Photoshop sering digunakan para fotografer dan beberapa perusahaan untuk mengedit hasil gambar dan foto dengan berbagai macam tambahan efek didalamnya.

§  CorelDraw

Salah satu software multimedia ini juga tergolong populer dan seringkali digunakan. CorelDraw diluncurkan oleh Corel Coorporation yang merupakan program dengan basis vektor. Salah satu ciri khas dari program berbasis vektor adalah objek yang dihasilkan dari program tersebut akan relatif sama meskipun mengalami perbesaran hingga beberapa kali. CorelDraw juga sangat unggul sebagai software yang dapat mengolah gambar yang akan dijadikan logo, simbol, dan masih banyak lainnya


§  GIMP
Software ini merupakan salah satu produk yang diluncurkan oleh GNU (General Public License). Software ini dapat dioperasikan di beberapa sistem operasi baik sistem Linux maupun Windows. Fitur-fitur yang dimiliki dalam aplikasi ini antara lain adalah format image, penampil gambar, penyunting foto otomatis, area kerja yang dapat anda warnai, dan masih banyak lainnya.


Audio/Video Editor

§  Adobe Premiere Pro: Software multimedia ini dapat mengedit video dengan format dan kualitas yang tinggi. Bersifat komersial dan diproduksi langsung oleh Adobe System



Windows Movier Maker:  Software yang satu ini merupakan aplikasi yang sudah disematkan pada sistem operasi Windows. Movie marker dapat membuat sebuah project video dengan mudah. Selain itu, anda juga dapat menambahkan efek transisi, gambar, mengatur durasi video dan lain lain
Graphic/ Image Viewer

Perangkat lunak ini digunakan untuk melihat (view) gamabr secara terorganisasi dalam sebuah direktori. Saat ini sudah banyak format image yang dapat didukung oleh aplikasi image viewer seperti bmp, jpeg/jpg, gif, png, ico, dan lain lain. Berikut beberapa aplikasi image viewer yang ada saat ini
§  ACDSee
§  XNView
§  Irfan View
§  Microsoft Picture Manager
§  Microsoft Picture and Fax Viewr
5. Animasi
Jenis software yang satu ini memang dikhususkan untuk membuat mengedit dalam bentuk animasi. Animasi merupakan gambar bergerak ataupun video yang digabungkan dengan konten gambar yang fiktif. Beberapa contoh software yang khusus tentang animasi antara lain adalah:
§  Macromedia Flash
§  Houdini Animation Software
§  Power Animator
§  Dan lain-lainnya
Baca juga:
6. Grafik 3D
Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat dan mengedit informasi dalam bentuk gambar 3D. 3 Dimensi merupakan representasi gambar dalam bentuk geometri 3 dimensi. Beberapa contoh perangkat lunak grafik 3D antara lain adalah
§  3DVIA Shape: Software ini merupakan salah satu aplikasi ringan yang sangat diperuntukkan bagi anda yang ingin membuat model 3D dan mengunggahnya ke internet. Software ini memberikan kebebasan bagi penggunanya untuk menggambar objek bebas dengan menyediakan komponen komponen yang telah ditetapkan dalam ruang kerja seperti persegi panjang, busur dan lain lainnya. Salah satu fitur unggulan dari software ini adalah dapat memungkinkan secara otomatis untuk mengukur jarak yang anda pilih ketika anda akan menambahkan komponen geometris baru. Anda juga dapat menata objek dengan mendorong dan menariknya serta men drag di area yang anda inginkan. Selain itu anda juga dapat mengubah ukuran, memutar dan membungkukan ujung-ujung garis pada objek yang anda buat.



Perangkat keras multimedia
Perangkat konektor


Diantara beberapa perangkat komputer, monitor, hardisk, video proyektor, speaker dan perangkat-perangkat lain, terdapat terdapat kabel-kabel yang menghubungkan. Kecepatan transfer data perangkat konektor yang digunakan akan menentukan kecepatan pengiriman content multimedia.

Beberapa perangkat konektor yang biasa digunakan adalah :

1. Small computer system interface (SCSI)

SCSI merupakan perangkat standar untuk penghubung secara fisik dan pertukaran data antara komputer dan peripheral. Standar SCSI mendefinisikan perintah, protokol, serta antarmuka elektrik dan optic. SCSI biasa digunakan untuk hard disk.

2. Media control interface (MCI)

MCI merupakan perpanjangan dari API untuk mengendalikan peripheral multimedia yang terhubung dengan computer. MCI terdiri dari empat bagian, yaitu AVI video, CD audio, sequencer dan wave audio.

3. Intergrated drive electronic (IDE)

Antarmuka IDE merupakan standard untuk media penyimpan yang terhubung ke komputer.

4. Universal serial bus (USB)

USB merupakan standard bus serial untuk menghubungkan beberapa perangkat. USB di desain untuk memungkinkan berbagai peripheral terhubung menggunakan sebuah soket antarmuka standard dan memiliki kemampuan plug and play, artinya perangkat dapat dipasang dan dilepas tanpa harus mematikan komputer terlebih dahulu.

5. High-definition multimedia interface (HDMI)

HDMI adalah sebuah standard koneksi digital yang dirancang untuk menampilkan gambar dan suara resolusi tinggi. Kelebihannya adalah, kabel HDMI dapat menampilkan gambar Full-HD, Surround Sound, control signal, bahkan data Ethernet, hanya dengan satu kabel.

b) Perangkat input

Perangkat input adalah perangkat yang berfungsi untuk mentransformasi informasi dari dunia luar untuk diolah oleh komputer. Perangkat input biasanya dikendalikan secara langsung oleh pengguna. Beberapa perangkat input tersebut antara lain :

·       Keyboard
·       Perangkat pointing (mouse, touchpad, touchscreen, trackball,
·       lightpen)
·       Perangkat input gambar dan video (scanner, webcam)
·       Perangkat input audio (microphone)

c) Perangkat output

Perangkat output adalah perangkat yang digunakan untuk mengkomunikasikan hasil pengolahan data dari komputer kepada pengguna. Perangkat output antara lain speaker, amplifier, monitor, proyektor, printer.

d) Perangkat penyimpan

Perangkat penyimpan adalah perangkat untuk merekam atau menyimpan informasi (data). Perangkat penyimpan dapat digunakan untuk menahan maupun memproses data. Beberapa perangkat penyimpan tersebut antara lain :

1. Random access memory (RAM)

RAM merupakan memori utama yang digunakan untuk inisialisasi sistem operasi dan juga program aplikasi. RAM bersifat volatile dan setiap program yang diakhiri/ditutup maka akan dihapus dari RAM. Semakin besar kapasitas RAM, semakin cepat waktu pemrosesan.

2. Read only memory (ROM)

ROM bersifat non-volatile. ROM biasa digunakan pada komputer untuk menyimpan program BIOS yang digunakan untuk inisialisasi booting komputer. Pada printer, ROM digunakan untuk menyimpan font.

3. Hardisk

Hardisk merupakan perangkat penyimpan untuk data biner yang mudah dibaca oleh komputer.

4. Compact disk (CD)
CD adalah sebuah media penyimpanan yang berbentuk piringan. Atau disebut juga optik pada generasi pertama yang menggantikan disket (floppy disc) pada waktu itu karena CD memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dengan harga yang sama. CD banyak digunakan untuk membuat film dengan resolusi kecil atau sebagai media transmisi software-software aplikasi.CD memiliki kapasitas penyimpanan data 700 MB

5. Digital versatile disk (DVD)

DVD adalah media penyimpanan optik yang populer. Penggunaan utamanya untuk menyimpan video dan data. Sesuai dengan namanya, ukuran fisik standarnya sama dengan CD (Compact Disc), namun dengan kapasitas enam kali lipat dari CD.

e) Perangkat komunikasi

Aplikasi multimedia dibuat oleh sebuah tim yang terdiri dari beberapa orang, yang bisa jadi bekerja dalam satu gedung, namun dapat pula bekerja pada gedung yang berlainan dan berjauhan jaraknya. Sehingga dibutuhkan perangkat komunikasi untuk saling menghubungkan mereka.

Perangkat komunikasi tersebut antara lain modem dan ISDN.

2) Perangkat lunak multimedia

Perangkat lunak multimedia adalah komponen-komponen dalam data processing system, berupa program-program untuk mengontrol bekerjanya sistem komputer multimedia. Perangkat lunak ini digolongkan menjadi tiga bagian yaitu bahasa pemrograman multimedia, perangkat lunak sistem multimedia dan perangkat lunak aplikasi multimedia.

a. Bahasa Pemrograman Multimedia

Bahasa pemrograman Multimedia adalah bahasa-bahasa yang digunakan programmer untuk membuat aplikasi multimedia. Contohnya Assembly, C, C++, Power Builder, Delphi, SQL, Visual Basic dan Java.

b. Perangkat Lunak Sistem (System Software)

Perangkat lunak ini terdiri dari sistem operasi (Operating System) misalnya DOS (Disc Operating System), Windows 95/98/ME, Windows NT/2000, Windows XP, Windows Vista, UNIX, Linux atau Mac OS. Perangkat lunak lainnya adalah aplikasi utilitas (utility application) misalnya aplikasi Antivirus.

c. Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia

Perangkat lunak aplikasi multimedia merupakan aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh personal atau organisasi untuk user yang beroperasi dalam bidang-bidang multimedia spesifik seperti grafik 2D, modeling dan animasi.

1) Perangkat Pengolah Teks

Aplikasi pengolah teks yang banyak digunakan misalnya Microsoft Word, Word Star for Windows, Word Perfect dan Star Writer, sedangkan beberapa aplikasi pengolah teks yang bersifat open source misalnya Open Writer, KWriter dan Abi Word.

2) Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Grafik 2D

Aplikasi pengolah grafik 2D dibagi menjadi dua bagian yaitu:
-     Grafik 2D Vector, misalnya Corel Draw, Macromedia Freehand dan Adobe Illustrator.
-     Grafik 2D Image (Raster), misalnya Adobe Photoshop, Jasc Paint Shop Pro, Gimp. Animasi, misalnya Macromedia Flash.

3) Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Modeling Grafik 3D

Contoh dari perangkat lunak Animasi dan modeling Grafik 3D adalah 3D Studio MAX, Maya, Softimage, LightWave, Blender dan lain sebagainya.

d) Perangkat Lunak Authoring Multimedia

Authoring merupakan aplikasi komputer yang memberikan peluang kepada pengguna untuk mengembangkan sebuah perangkat lunak dengan dragging dan dropping berbagai objek multimedia tanpa harus mengetahui penggunaan dan pemahaman bahasa pemrograman, misalnya Macromedia Authoring, sedangkan aplikasi authoring yang dilengkapi dengan pemrograman misalnya Macromedia Director dengan dilengkapi Lingo (Bahasa pemrograman).

e) Perangkat Lunak Aplikasi Berbasis Web

Contoh produk-produk mendesain web antara lain adalah Macromedia Flash yang digunakan untuk membuat animasi grafis pada web, Macromedia Dreamweaver dan Microsoft Front Page.

Secara umum, perangkat multimedia dikelompokkan menjadi dua, yaitu perangkat keras dan perangkat lunak.

Perangkat keras yang dibutuhkan untuk multimedia dapat dikelompokkan menjadi lima, yaitu perangkat konektor, input, output, penyimpan dan perangkat komunikasi.

Perangkat lunak multimedia adalah komponen-komponen dalam data processing system, berupa program-program untuk mengontrol bekerjanya sistem komputer multimedia 



Elemen-Elemen Multimedia

1.       Teks
Teks merupakan salah satu komponen multimedia yang sangat ampuh dan jelas dalam penyampaian informasi. Penggunaan teks misalnya digunakan pada judul menu, menu-menu, dan tombol. Teks dibagi menjadi dua tipe yaitu serif dan sans serif. Serif memiliki dekorasi kecil pada akhir setiap huruf. Serif biasanya digunakan untuk dokumen. Sedangkan sans serif sering digunakan pada tampilan komputer.
2.       Gambar
Gambar merupakan komponen multimedia yang dapat menyampaikan informasi lebih menarik. Gambar sangat berguna untuk menyampaikan informasi yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata. Gambar yang dihasilkan oleh komputer terbagi menjadi dua, yaitu:
• Bitmaps
Bitmaps yaitu gambar yang terdiri dari titik-titik kecil yang membentuk sebuah gambar.
• Vector-drawn
Vector-drawn yaitu gambar yang dihasilkan dari koordinat Cartesian yang biasanya menghasilkan bentuk garis, lingkaran, kotak, dan sebagainya.
3.       Suara
Suara merupakan komponen yang paling mengena oleh panca indera manusia. Suara dapat memberikan kesenangan seperti dalam mendengarkan musik, atau dapat memberikan suasana yang dapat mengubah mood seseorang.
4.       Animasi
Animasi merupakan komponen multimedia yang dapat membuat suatu gambar atau tulisan terlihat lebih hidup dengan menampilkan potongan-potongan gambar yang berganti-ganti secara cepat. Selain itu animasi juga dapat membuat slide presentasi menjadi lebih menarik. Contoh animasi seperti tweening, fade in, fade out, zoom in, zoom out, dan sebagainya.
5.       Video
Video merupakan komponen multimedia yang terdiri dari gambar-gambar dan bergerak dengan sangat cepat secara berurutan. Video merupakan komponen paling menarik dalam multimedia, dan video juga memiliki kekuatan untuk membawa pengguna komputer lebih dekat ke kehidupan nyata. Dengan menambahkan komponen video di dalam project, dapat menyampaikan pesan dan memperkuat cerita. Selain itu orang-orang yang melihat video cenderung dapat mengingat lebih dari yang mereka lihat.



Virtual Reality

Virtual reality adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut. Di dalam bahasa Indonesia virtual reality dikenal dengan istilah realitas maya. Teknologi virtual reality yang lebih awal adalah Peta Bioskop Aspen, yang diciptakan oleh MIT pada tahun 1977.

Adapun 4 elemen itu adalah sebagai berikut :
1.       Virtual world, sebuah konten yang menciptakan dunia virtual dalam bentuk screenplay maupun script.
2.       Immersion, sebuah sensasi yang membawa pengguna teknologi virtual reality merasakan ada di sebuah lingkungan nyata yang padahal fiktif. Immersion dibagi dalam 3 jenis, yakni:
·         Mental immersion, membuat mental penggunanya merasa seperti berada di dalam lingkungan nyata.
·         Physical immersion,membuat fisik penggunanya merasakan suasana di sekitar lingkungan yang diciptakan oleh virtual reality tersebut.
·         Mentally immersed, memberikan sensasi kepada penggunanya untuk larut dalam lingkungan yang dihasilkan virtual reality.
3.       Sensory feedback berfungsi untuk menyampaikan informasi dari virtual world ke indera penggunanya. Elemen ini mencakup visual (penglihatan), audio (pendengaran) dan sentuhan.
4.       Interactivity yang bertugas untuk merespon aksi dari pengguna, sehingga pengguna dapat berinteraksi langsung dalam medan fiktif atau virtual world. Pemakai melihat suatu dunia semu yang sebenarnya adalah gambar-gambar bersifat dinamis. Melalui Headphone atau speaker, pendengar akan mendengar suara yang realistis. Melalui headset, glove, dan walker, semua gerakan pemakai dipantau oleh sistem yang akan memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolah-olah merasakan pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun psikologis.


Cara Kerja Virtual Reality (VR)
Virtual Reality bekerja dengan membuat otak manusia seolah-olah merasakan berbagai hal yang virtual atau semu tetapi terasa seperti hal yang nyata benar ada di sekitarnya, jadi bisa di katakan, Virtual reality adalah suatu proses penghapusan dan pemanipulasian dunia yang nyata di sekeliling manusia agar tidak terlihat dan di rasakan, dan kemudian membuat otak manusia tersebut merasakan ada di dunia virtual yang kenyataannya sama sekali tidak ada di sekitarnya.

Untuk Dapat merasakan Sensasi Virtual Reality dibutuhkan sebuah alat yaitu headset VR, Misalnya Seperti yang terdapat banyak di pasaran adalah Ocukus Rift atau samsung gear VR, dan juga di butuhkan berbagai macam properti fisik lainnya yang semuanya itu bergantung pada detail lingkungan pada Virtual Reality tersebut.
Secara kasat mata, Headset VR berbentuk seperti kacamata selam, namu dengan keadaan lensa tertutup. Bagian yang mirip kacamata selama selam Bernama VR Box, yang merupakan tempat untuk meletakkan smartphone yang memiliki fungsi untuk memproyeksi gambar virtual.
Virtual Reality yang masih menggunakan bantuan smartphone merupakan perangkat VR Jenis atau versi Standart. Berbeda dengan VR Headset yang sudah menggunakan teknologi oculus Rift yang merupakan teknologi canggih, di dalam Headset VR Versi ini Sudah tidak lagi menggunakan Smartphone di dalamnya, karna sudah terdapat layar yang berfungsi untuk menampilkan vidio atau gambar Virtual Reality, dan juga bida terhubung dengan komputer menggunakan Bluetooth.
Contoh teknologi Virtual Reality yang cukup sederhana adalah Google Cardboard. belum mempunyai banyak kegunaan, tetapi dengan kita menggunakan Google Cardboard kita akan merasakan sensasi pengalaman virtual reality dengan cara menggabungkan smartphone yang memiliki sensor gyro supported VR dengan Google Cardboard.
Teknologi VR ini sendiri biasanya digunakan dalam bidang arsitektur, penerbangan, hiburan dan lain-lain. Contoh VR banyak sekali, salah satunya seperti game FPS yang akan membuat pengguna merasa berada dalam game tersebut. Selain itu, Virtual Reality digunakan juga pada foto dan video 360 derajat yang merasa pengguna merasa berada di tempat tersebut.
aplikasi virtual reality
-Cardboard|
-
VR Player – Virtual Reality
-
Within

  • Dampak Negatif
Dibalik banyaknya sisi positif, pastinya juga terdapat banyak dampak negatif dari teknologi ini, yang bahkan mengancam kesehatan penggunanya apabila menggunakan virtual reality dengan jangka waktu yang panjang. Berikut ini adalah beberapa dampak negatif yang diakibatkan oleh virtual reality.

1. Gangguan Kesehatan Mata

Para produsen virtual reality telah merekomendasikan untuk jangka waktu penggunaan yang baik. Dan mereka menganjurkan pemakaian dengan batas waktu maksimal 12 menit, dan teknologi ini tidak cocok digunakan untuk anak berusia di bawah 12 tahun. Dampak negatif dari virtual reality sangat serius mengancam kesehatan, terlebih untuk kesehatan mata para penggunanya.
Penggunaan virtual reality secara berlebihan tidak hanya buruk bagi kesehatan mata saja, tapi juga akan menimbulkan rasa sakit kepala sekaligus mual bagi penggunanya. Kemungkinan kejadian itu diakibatkan oleh radiasi yang ditimbulkan oleh teknologi virtual reality tersebut.

2. Pengguna Lebih Suka Dunia Maya Ketimbang Dunia Nyata

Semua yang disajikan oleh teknologi virtual reality tentunya akan lebih mengasyikan jikalau dibandingkan dengan dunia nyata, sehingga hal tersebut membuat para penggunanya betah berlama-lama dalam dunia virtual yang menurutnya lebih menantang daripada dunia nyata.
Jika sudah pada tahap ini, pastinya pengguna virtual reality tersebut sudah mengalami kecanduan luar biasa. Dan ditakutkan pengguna akan menggunakan teknologi ini secara berlebihan, yang mana kita tahu hal itu sangat tidak baik untuk kesehatan.

3. Indera Pendengaran Akan Terganggu

Untuk dapat lebih merasakan sensasi dari dunia virtual itu, maka para pengguna biasanya akan menaikan volume virtual reality ke tahap yang lebih tinggi. Sehingga suara dari teknologi virtual reality akan terdengar sangat keras mendengung di telinga penggunanya.
Meskipun hal itu dipastikan memang mampu membawa penggunanya lebih merasakan sensasi dunia virtual, akan tetapi suara keras tersebut pastinya akan dapat menyebabkan pendengaran menjadi terganggu. Sehingga menaikkan volume ke batas maksimal tidak dianjurkan ketika menggunakan virtual reality.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

tugas akhir

emaill

Database MySQL