multimedia dan virtual reality
multimedia
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan
menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu ([tool])
dan koneksi ([link]) sehingga pengguna dapat ber-([navigasi]), berinteraksi,
berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia
hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia
game
contoh aplikasi
-Media Player
-§ Windows Media Player: Software ini diproduksi oleh Microsot dan merupakan satu paket dalam Microsoft Windows
§ Winamp: Software ini
bersifat freeware / komersil dan diproduksi oleh Nullsoft. Inc
f§ Power DVD: software ini
diproduksi oleh Cyberlink
. Image Editor
§ Adobe Photoshop
Software ini merupakan
pengolah gambar dan foto yang cukup populer saat ini. Adobe photoshop dibekali
dengan berbagai macam fitur yang lengkap sehingga membuatnya sebagai salah satu
software multimedia terbaikSoftware ini dibekali dnegan basis bitmap yang merupakan kumpulan titik
titik dengan kerapatan tertentu yang dikenal dengan nama pixel. Photoshop
sering digunakan para fotografer dan beberapa perusahaan untuk mengedit hasil
gambar dan foto dengan berbagai macam tambahan efek didalamnya.
§ CorelDraw
Salah satu software
multimedia ini juga tergolong populer dan seringkali digunakan. CorelDraw
diluncurkan oleh Corel Coorporation yang merupakan program dengan basis vektor.
Salah satu ciri khas dari program berbasis vektor adalah objek yang dihasilkan
dari program tersebut akan relatif sama meskipun mengalami perbesaran hingga
beberapa kali. CorelDraw juga sangat unggul sebagai software yang dapat
mengolah gambar yang akan dijadikan logo, simbol, dan masih banyak lainnya
§ GIMP
Software ini merupakan
salah satu produk yang diluncurkan oleh GNU (General Public License). Software
ini dapat dioperasikan di beberapa sistem operasi baik sistem Linux maupun
Windows. Fitur-fitur yang dimiliki dalam aplikasi ini antara lain adalah format
image, penampil gambar, penyunting foto otomatis, area kerja yang dapat anda
warnai, dan masih banyak lainnya.
Audio/Video Editor
§ Adobe Premiere Pro: Software
multimedia ini dapat mengedit video dengan format dan kualitas yang tinggi.
Bersifat komersial dan diproduksi langsung oleh Adobe System
Windows Movier Maker: Software yang satu ini merupakan aplikasi yang sudah disematkan
pada sistem operasi Windows. Movie marker dapat membuat sebuah project video
dengan mudah. Selain itu, anda juga dapat menambahkan efek transisi, gambar,
mengatur durasi video dan lain lain
Graphic/ Image Viewer
Perangkat lunak ini digunakan untuk melihat (view) gamabr secara
terorganisasi dalam sebuah direktori. Saat ini sudah banyak format image yang
dapat didukung oleh aplikasi image viewer seperti bmp, jpeg/jpg, gif, png, ico,
dan lain lain. Berikut beberapa aplikasi image viewer yang ada saat ini
§ ACDSee
§ XNView
§ Irfan View
§ Microsoft Picture
Manager
§ Microsoft Picture
and Fax Viewr
5. Animasi
Jenis software yang satu ini memang dikhususkan untuk membuat mengedit
dalam bentuk animasi. Animasi merupakan gambar bergerak ataupun video yang
digabungkan dengan konten gambar yang fiktif. Beberapa contoh software yang
khusus tentang animasi antara lain adalah:
§ Macromedia Flash
§ Houdini Animation
Software
§ Power Animator
§ Dan lain-lainnya
Baca juga:
6. Grafik 3D
Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat dan mengedit informasi dalam
bentuk gambar 3D. 3 Dimensi merupakan representasi gambar dalam bentuk geometri
3 dimensi. Beberapa contoh perangkat lunak grafik 3D antara lain adalah
§ 3DVIA Shape: Software ini
merupakan salah satu aplikasi ringan yang sangat diperuntukkan bagi anda yang
ingin membuat model 3D dan mengunggahnya ke internet. Software ini memberikan
kebebasan bagi penggunanya untuk menggambar objek bebas dengan menyediakan
komponen komponen yang telah ditetapkan dalam ruang kerja seperti persegi panjang,
busur dan lain lainnya. Salah satu fitur unggulan dari software ini adalah
dapat memungkinkan secara otomatis untuk mengukur jarak yang anda pilih ketika
anda akan menambahkan komponen geometris baru. Anda juga dapat menata objek
dengan mendorong dan menariknya serta men drag di area yang
anda inginkan. Selain itu anda juga dapat mengubah ukuran, memutar dan
membungkukan ujung-ujung garis pada objek yang anda buat.
Perangkat keras multimedia
Perangkat konektor
Diantara beberapa
perangkat komputer, monitor, hardisk, video proyektor, speaker dan
perangkat-perangkat lain, terdapat terdapat kabel-kabel yang menghubungkan.
Kecepatan transfer data perangkat konektor yang digunakan akan menentukan
kecepatan pengiriman content multimedia.
Beberapa perangkat
konektor yang biasa digunakan adalah :
1. Small computer
system interface (SCSI)
SCSI merupakan
perangkat standar untuk penghubung secara fisik dan pertukaran data antara
komputer dan peripheral. Standar SCSI mendefinisikan perintah, protokol, serta
antarmuka elektrik dan optic. SCSI biasa digunakan untuk hard disk.
2. Media control
interface (MCI)
MCI merupakan
perpanjangan dari API untuk mengendalikan peripheral multimedia yang terhubung
dengan computer. MCI terdiri dari empat bagian, yaitu AVI video, CD audio,
sequencer dan wave audio.
3. Intergrated
drive electronic (IDE)
Antarmuka IDE
merupakan standard untuk media penyimpan yang terhubung ke komputer.
4. Universal serial
bus (USB)
USB merupakan
standard bus serial untuk menghubungkan beberapa perangkat. USB di desain untuk
memungkinkan berbagai peripheral terhubung menggunakan sebuah soket antarmuka
standard dan memiliki kemampuan plug and play, artinya perangkat dapat dipasang
dan dilepas tanpa harus mematikan komputer terlebih dahulu.
5. High-definition
multimedia interface (HDMI)
HDMI adalah sebuah
standard koneksi digital yang dirancang untuk menampilkan gambar dan suara
resolusi tinggi. Kelebihannya adalah, kabel HDMI dapat menampilkan gambar
Full-HD, Surround Sound, control signal, bahkan data Ethernet, hanya dengan
satu kabel.
b) Perangkat input
Perangkat input
adalah perangkat yang berfungsi untuk mentransformasi informasi dari dunia luar
untuk diolah oleh komputer. Perangkat input biasanya dikendalikan secara
langsung oleh pengguna. Beberapa perangkat input tersebut antara lain :
· Keyboard
· Perangkat pointing
(mouse, touchpad, touchscreen, trackball,
· lightpen)
· Perangkat input
gambar dan video (scanner, webcam)
· Perangkat input
audio (microphone)
c) Perangkat output
Perangkat output
adalah perangkat yang digunakan untuk mengkomunikasikan hasil pengolahan data
dari komputer kepada pengguna. Perangkat output antara lain speaker, amplifier,
monitor, proyektor, printer.
d) Perangkat
penyimpan
Perangkat penyimpan
adalah perangkat untuk merekam atau menyimpan informasi (data). Perangkat
penyimpan dapat digunakan untuk menahan maupun memproses data. Beberapa
perangkat penyimpan tersebut antara lain :
1. Random access
memory (RAM)
RAM merupakan
memori utama yang digunakan untuk inisialisasi sistem operasi dan juga program
aplikasi. RAM bersifat volatile dan setiap program yang diakhiri/ditutup maka
akan dihapus dari RAM. Semakin besar kapasitas RAM, semakin cepat waktu
pemrosesan.
2. Read only memory
(ROM)
ROM bersifat
non-volatile. ROM biasa digunakan pada komputer untuk menyimpan program BIOS
yang digunakan untuk inisialisasi booting komputer. Pada printer, ROM digunakan
untuk menyimpan font.
3. Hardisk
Hardisk merupakan
perangkat penyimpan untuk data biner yang mudah dibaca oleh komputer.
4. Compact disk
(CD)
CD adalah sebuah
media penyimpanan yang berbentuk piringan. Atau disebut juga optik pada
generasi pertama yang menggantikan disket (floppy
disc)
pada waktu itu karena CD memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dengan
harga yang sama. CD banyak digunakan untuk membuat film dengan resolusi kecil
atau sebagai media transmisi software-software aplikasi.CD memiliki kapasitas
penyimpanan data 700 MB
5. Digital
versatile disk (DVD)
DVD adalah media
penyimpanan optik yang populer. Penggunaan utamanya untuk menyimpan video dan
data. Sesuai dengan namanya, ukuran fisik standarnya sama dengan CD (Compact
Disc), namun dengan kapasitas enam kali lipat dari CD.
e) Perangkat
komunikasi
Aplikasi multimedia
dibuat oleh sebuah tim yang terdiri dari beberapa orang, yang bisa jadi bekerja
dalam satu gedung, namun dapat pula bekerja pada gedung yang berlainan dan
berjauhan jaraknya. Sehingga dibutuhkan perangkat komunikasi untuk saling
menghubungkan mereka.
Perangkat
komunikasi tersebut antara lain modem dan ISDN.
2) Perangkat lunak
multimedia
Perangkat lunak
multimedia adalah komponen-komponen dalam data processing system, berupa
program-program untuk mengontrol bekerjanya sistem komputer multimedia.
Perangkat lunak ini digolongkan menjadi tiga bagian yaitu bahasa pemrograman
multimedia, perangkat lunak sistem multimedia dan perangkat lunak aplikasi
multimedia.
a. Bahasa
Pemrograman Multimedia
Bahasa pemrograman
Multimedia adalah bahasa-bahasa yang digunakan programmer untuk membuat
aplikasi multimedia. Contohnya Assembly, C, C++, Power Builder, Delphi, SQL,
Visual Basic dan Java.
b. Perangkat Lunak
Sistem (System Software)
Perangkat lunak ini
terdiri dari sistem operasi (Operating System) misalnya DOS (Disc Operating
System), Windows 95/98/ME, Windows NT/2000, Windows XP, Windows Vista, UNIX,
Linux atau Mac OS. Perangkat lunak lainnya adalah aplikasi utilitas (utility
application) misalnya aplikasi Antivirus.
c. Perangkat Lunak
Aplikasi Multimedia
Perangkat lunak
aplikasi multimedia merupakan aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh personal atau
organisasi untuk user yang beroperasi dalam bidang-bidang multimedia spesifik
seperti grafik 2D, modeling dan animasi.
1) Perangkat
Pengolah Teks
Aplikasi pengolah
teks yang banyak digunakan misalnya Microsoft Word, Word Star for Windows, Word
Perfect dan Star Writer, sedangkan beberapa aplikasi pengolah teks yang
bersifat open source misalnya Open Writer, KWriter dan Abi Word.
2) Perangkat Lunak
Pengolah Animasi dan Grafik 2D
Aplikasi pengolah
grafik 2D dibagi menjadi dua bagian yaitu:
- Grafik 2D Vector,
misalnya Corel Draw, Macromedia Freehand dan Adobe Illustrator.
- Grafik 2D Image
(Raster), misalnya Adobe Photoshop, Jasc Paint Shop Pro, Gimp. Animasi,
misalnya Macromedia Flash.
3) Perangkat Lunak
Pengolah Animasi dan Modeling Grafik 3D
Contoh dari
perangkat lunak Animasi dan modeling Grafik 3D adalah 3D Studio MAX, Maya,
Softimage, LightWave, Blender dan lain sebagainya.
d) Perangkat Lunak
Authoring Multimedia
Authoring merupakan
aplikasi komputer yang memberikan peluang kepada pengguna untuk mengembangkan
sebuah perangkat lunak dengan dragging dan dropping berbagai objek multimedia
tanpa harus mengetahui penggunaan dan pemahaman bahasa pemrograman, misalnya
Macromedia Authoring, sedangkan aplikasi authoring yang dilengkapi dengan
pemrograman misalnya Macromedia Director dengan dilengkapi Lingo (Bahasa pemrograman).
e) Perangkat Lunak
Aplikasi Berbasis Web
Contoh
produk-produk mendesain web antara lain adalah Macromedia Flash yang digunakan
untuk membuat animasi grafis pada web, Macromedia Dreamweaver dan Microsoft
Front Page.
Secara umum,
perangkat multimedia dikelompokkan menjadi dua, yaitu perangkat keras dan
perangkat lunak.
Perangkat keras
yang dibutuhkan untuk multimedia dapat dikelompokkan menjadi lima, yaitu
perangkat konektor, input, output, penyimpan dan perangkat komunikasi.
Perangkat lunak
multimedia adalah komponen-komponen dalam data processing system, berupa program-program
untuk mengontrol bekerjanya sistem komputer multimedia
Elemen-Elemen Multimedia
1.
Teks
Teks merupakan salah satu komponen multimedia yang sangat ampuh dan jelas dalam penyampaian informasi. Penggunaan teks misalnya digunakan pada judul menu, menu-menu, dan tombol. Teks dibagi menjadi dua tipe yaitu serif dan sans serif. Serif memiliki dekorasi kecil pada akhir setiap huruf. Serif biasanya digunakan untuk dokumen. Sedangkan sans serif sering digunakan pada tampilan komputer.
Teks merupakan salah satu komponen multimedia yang sangat ampuh dan jelas dalam penyampaian informasi. Penggunaan teks misalnya digunakan pada judul menu, menu-menu, dan tombol. Teks dibagi menjadi dua tipe yaitu serif dan sans serif. Serif memiliki dekorasi kecil pada akhir setiap huruf. Serif biasanya digunakan untuk dokumen. Sedangkan sans serif sering digunakan pada tampilan komputer.
2.
Gambar
Gambar merupakan komponen multimedia yang dapat menyampaikan informasi lebih menarik. Gambar sangat berguna untuk menyampaikan informasi yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata. Gambar yang dihasilkan oleh komputer terbagi menjadi dua, yaitu:
• Bitmaps
Bitmaps yaitu gambar yang terdiri dari titik-titik kecil yang membentuk sebuah gambar.
• Vector-drawn
Vector-drawn yaitu gambar yang dihasilkan dari koordinat Cartesian yang biasanya menghasilkan bentuk garis, lingkaran, kotak, dan sebagainya.
Gambar merupakan komponen multimedia yang dapat menyampaikan informasi lebih menarik. Gambar sangat berguna untuk menyampaikan informasi yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata. Gambar yang dihasilkan oleh komputer terbagi menjadi dua, yaitu:
• Bitmaps
Bitmaps yaitu gambar yang terdiri dari titik-titik kecil yang membentuk sebuah gambar.
• Vector-drawn
Vector-drawn yaitu gambar yang dihasilkan dari koordinat Cartesian yang biasanya menghasilkan bentuk garis, lingkaran, kotak, dan sebagainya.
3.
Suara
Suara merupakan komponen yang paling mengena oleh panca indera manusia. Suara dapat memberikan kesenangan seperti dalam mendengarkan musik, atau dapat memberikan suasana yang dapat mengubah mood seseorang.
Suara merupakan komponen yang paling mengena oleh panca indera manusia. Suara dapat memberikan kesenangan seperti dalam mendengarkan musik, atau dapat memberikan suasana yang dapat mengubah mood seseorang.
4.
Animasi
Animasi merupakan komponen multimedia yang dapat membuat suatu gambar atau tulisan terlihat lebih hidup dengan menampilkan potongan-potongan gambar yang berganti-ganti secara cepat. Selain itu animasi juga dapat membuat slide presentasi menjadi lebih menarik. Contoh animasi seperti tweening, fade in, fade out, zoom in, zoom out, dan sebagainya.
Animasi merupakan komponen multimedia yang dapat membuat suatu gambar atau tulisan terlihat lebih hidup dengan menampilkan potongan-potongan gambar yang berganti-ganti secara cepat. Selain itu animasi juga dapat membuat slide presentasi menjadi lebih menarik. Contoh animasi seperti tweening, fade in, fade out, zoom in, zoom out, dan sebagainya.
5.
Video
Video merupakan komponen multimedia yang terdiri dari gambar-gambar dan bergerak dengan sangat cepat secara berurutan. Video merupakan komponen paling menarik dalam multimedia, dan video juga memiliki kekuatan untuk membawa pengguna komputer lebih dekat ke kehidupan nyata. Dengan menambahkan komponen video di dalam project, dapat menyampaikan pesan dan memperkuat cerita. Selain itu orang-orang yang melihat video cenderung dapat mengingat lebih dari yang mereka lihat.
Video merupakan komponen multimedia yang terdiri dari gambar-gambar dan bergerak dengan sangat cepat secara berurutan. Video merupakan komponen paling menarik dalam multimedia, dan video juga memiliki kekuatan untuk membawa pengguna komputer lebih dekat ke kehidupan nyata. Dengan menambahkan komponen video di dalam project, dapat menyampaikan pesan dan memperkuat cerita. Selain itu orang-orang yang melihat video cenderung dapat mengingat lebih dari yang mereka lihat.
Virtual Reality
Virtual
reality adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat
berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan
oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut. Di
dalam bahasa Indonesia virtual reality dikenal dengan istilah realitas maya.
Teknologi virtual reality yang lebih awal adalah Peta Bioskop Aspen, yang diciptakan
oleh MIT pada tahun 1977.
Adapun 4 elemen itu adalah sebagai berikut
:
1.
Virtual world, sebuah konten yang menciptakan dunia
virtual dalam bentuk screenplay maupun script.
2.
Immersion, sebuah sensasi yang membawa pengguna
teknologi virtual reality merasakan ada di sebuah lingkungan nyata yang padahal
fiktif. Immersion dibagi dalam 3 jenis, yakni:
·
Mental
immersion, membuat mental penggunanya merasa seperti berada di dalam lingkungan
nyata.
·
Physical
immersion,membuat fisik penggunanya merasakan suasana di sekitar lingkungan
yang diciptakan oleh virtual reality tersebut.
·
Mentally
immersed, memberikan sensasi kepada penggunanya untuk larut dalam lingkungan
yang dihasilkan virtual reality.
3.
Sensory feedback berfungsi untuk menyampaikan
informasi dari virtual world ke indera penggunanya. Elemen ini mencakup visual
(penglihatan), audio (pendengaran) dan sentuhan.
4.
Interactivity yang bertugas untuk merespon aksi dari
pengguna, sehingga pengguna dapat berinteraksi langsung dalam medan fiktif atau
virtual world. Pemakai melihat suatu dunia semu yang sebenarnya adalah
gambar-gambar bersifat dinamis. Melalui Headphone atau speaker, pendengar akan
mendengar suara yang realistis. Melalui headset, glove, dan walker, semua
gerakan pemakai dipantau oleh sistem yang akan memberikan reaksi yang sesuai
sehingga pemakai seolah-olah merasakan pada situasi yang nyata, baik secara fisik
maupun psikologis.
Cara Kerja Virtual Reality (VR)
Virtual Reality bekerja dengan membuat otak manusia seolah-olah merasakan berbagai hal yang virtual atau semu tetapi terasa seperti hal yang nyata benar ada di sekitarnya, jadi bisa di katakan, Virtual reality adalah suatu proses penghapusan dan pemanipulasian dunia yang nyata di sekeliling manusia agar tidak terlihat dan di rasakan, dan kemudian membuat otak manusia tersebut merasakan ada di dunia virtual yang kenyataannya sama sekali tidak ada di sekitarnya.
Untuk Dapat merasakan Sensasi Virtual Reality dibutuhkan sebuah alat yaitu headset VR, Misalnya Seperti yang terdapat banyak di pasaran adalah Ocukus Rift atau samsung gear VR, dan juga di butuhkan berbagai macam properti fisik lainnya yang semuanya itu bergantung pada detail lingkungan pada Virtual Reality tersebut.
Secara kasat mata, Headset VR berbentuk seperti kacamata selam, namu dengan keadaan lensa tertutup. Bagian yang mirip kacamata selama selam Bernama VR Box, yang merupakan tempat untuk meletakkan smartphone yang memiliki fungsi untuk memproyeksi gambar virtual.
Virtual Reality yang masih menggunakan bantuan smartphone merupakan perangkat VR Jenis atau versi Standart. Berbeda dengan VR Headset yang sudah menggunakan teknologi oculus Rift yang merupakan teknologi canggih, di dalam Headset VR Versi ini Sudah tidak lagi menggunakan Smartphone di dalamnya, karna sudah terdapat layar yang berfungsi untuk menampilkan vidio atau gambar Virtual Reality, dan juga bida terhubung dengan komputer menggunakan Bluetooth.
Contoh teknologi Virtual Reality yang cukup sederhana adalah Google Cardboard. belum mempunyai banyak kegunaan, tetapi dengan kita menggunakan Google Cardboard kita akan merasakan sensasi pengalaman virtual reality dengan cara menggabungkan smartphone yang memiliki sensor gyro supported VR dengan Google Cardboard.
Teknologi VR ini sendiri biasanya digunakan dalam bidang arsitektur, penerbangan, hiburan dan lain-lain. Contoh VR banyak sekali, salah satunya seperti game FPS yang akan membuat pengguna merasa berada dalam game tersebut. Selain itu, Virtual Reality digunakan juga pada foto dan video 360 derajat yang merasa pengguna merasa berada di tempat tersebut.
aplikasi virtual reality
-Cardboard|
-VR Player – Virtual Reality
-Within
-VR Player – Virtual Reality
-Within
- Dampak Negatif
Dibalik banyaknya sisi positif, pastinya juga terdapat banyak dampak negatif dari teknologi ini, yang bahkan mengancam kesehatan penggunanya apabila menggunakan virtual reality dengan jangka waktu yang panjang. Berikut ini adalah beberapa dampak negatif yang diakibatkan oleh virtual reality.
1. Gangguan Kesehatan Mata
Para produsen virtual reality telah merekomendasikan untuk jangka waktu penggunaan yang baik. Dan mereka menganjurkan pemakaian dengan batas waktu maksimal 12 menit, dan teknologi ini tidak cocok digunakan untuk anak berusia di bawah 12 tahun. Dampak negatif dari virtual reality sangat serius mengancam kesehatan, terlebih untuk kesehatan mata para penggunanya.
Penggunaan virtual reality secara berlebihan tidak hanya buruk bagi kesehatan mata saja, tapi juga akan menimbulkan rasa sakit kepala sekaligus mual bagi penggunanya. Kemungkinan kejadian itu diakibatkan oleh radiasi yang ditimbulkan oleh teknologi virtual reality tersebut.
2. Pengguna Lebih Suka Dunia Maya Ketimbang Dunia Nyata
Semua yang disajikan oleh teknologi virtual reality tentunya akan lebih mengasyikan jikalau dibandingkan dengan dunia nyata, sehingga hal tersebut membuat para penggunanya betah berlama-lama dalam dunia virtual yang menurutnya lebih menantang daripada dunia nyata.
Jika sudah pada tahap ini, pastinya pengguna virtual reality tersebut sudah mengalami kecanduan luar biasa. Dan ditakutkan pengguna akan menggunakan teknologi ini secara berlebihan, yang mana kita tahu hal itu sangat tidak baik untuk kesehatan.
3. Indera Pendengaran Akan Terganggu
Untuk dapat lebih merasakan sensasi dari dunia virtual itu, maka para pengguna biasanya akan menaikan volume virtual reality ke tahap yang lebih tinggi. Sehingga suara dari teknologi virtual reality akan terdengar sangat keras mendengung di telinga penggunanya.
Meskipun hal itu dipastikan memang mampu membawa penggunanya lebih merasakan sensasi dunia virtual, akan tetapi suara keras tersebut pastinya akan dapat menyebabkan pendengaran menjadi terganggu. Sehingga menaikkan volume ke batas maksimal tidak dianjurkan ketika menggunakan virtual reality.
Komentar
Posting Komentar