Internet dan E-Busines
Tugas Pengantar Teknologi Informasi Prodi Sistem Informasi UNIDHA
Defenisi dan Konsep E-Commerce dan E-Business
E-Commerce
Electronic
Commerce (E-Commerce) adalah proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan
informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan
computer sebagai penyebaran, pemasaran jasa, melalui system elektronik seperti internet atau
jaringan computer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana
elektronik,system manajemen inventory otomatis dan system pengumpulan data
otomatis.
Bagi
pihak konsumen, menggunakan E-Commerce dapat membuat waktu berbelanja menjadi
singkat. Tidak ada lagi berlama – lama mengelilingi pusat pertokoan untuk
mencari barang yang diinginkan. Selain itu, harga barang-barang yang dijual
melalui E-Commerce biasanya lebih murah dibandingkan dengan harga di toko,
karena jalur distribusi dari produsen barang ke pihak penjual lebih singkat
dibandingkan dengan toko konvensional.
Dengan
menggunakan teknologi informasi, E-Commerce dapat
dijadikan sebagai solusi untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan
perusahaan dan menghadapi tekanan bisnis. Tingginya tekanan bisnis yang muncul
akibat tingginya tingkat persaingan mengharuskan perusahaan untuk dapat memberikan
respon. Penggunaan E-Commerce dapat meningkatkan efisiensi biaya dan
produktifitas perusahaan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan perusahaan
dalam bersaing.
E-Business
E-Business
merupakan aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan
proses pertukaran barang danjasa dengan memanfaatkan internet sebagai medium
komunikasi dan transaksi.
E-business memiliki
karakteristik tujuan yang sama dengan bisnis secara konvensional, hanya saja e-business memiliki scope yang
berbeda. Bisnis mengandalkan pertemuan antar pebisnis seperti halnya rapat
ditempat khusus, atau sekedar untuk berkenalan dengan partner bisnis,
sedangkan e-business mengandalkan
media Internet sebagai sarana untuk memperoleh tujuannya.
E-commerce dan E-business memiliki perbedaan yaitu :
bahwa tujuan e-commerce berorientasi
pada perolehan uang, sedangkan e-business berorientasi pada kepentingan
jangka panjang yang sifatnya abstrak seperti kepercayaan konsumen, pelayanan
terhadap konsumen, peraturan kerja, relasi antar mitra bisnis, dan penanganan
masalah sosial lainnya.
E-commerce dan E-business juga
memiliki kesamaan tujuan utama yaitu : memajukan perusahaan menjadi perusahaan
yang lebih besar dari sebelumnya. E-commerce dan E-business merupakan
terobosan yang dapat mendongkrak penjualan melalui online marketing dan sebagai sarana
mempromosikan produk melalui media Internet.
Model E-Commerce
E
– Commerce memiliki 4 model yaitu :
1.Business-to-Business(B2B)
merupakan model perusahaan yang menjual barang atau jasa pada perusahaan lain.
Berkembang dengan cepat dari segi volume dan nilai perdagangan, jauh melebihi
model - model yang lain.
2.Business-to-Cunsumer(B2C)
merupakan model perusahaan yang menjual barang atau jasa pada pasar atau
publik. Contoh : Amazon.com Inc. (www.amazon.com) yang menjual buku, yang
mempunyai koleksi tidak kurang dari 4,5 juta judul buku.
3.Consumer-to-Consumer(C2C)
merupakan model perorangan yang menjual barang atau jasa kepada perorangan juga.
Contoh
: eBay Inc (www.ebay.com), suatu perusahaan yang menyelenggarakan lelang
melalui internet. Melalui perusahaan ini, perorangan dapat menjual atau membeli
dari perorangan lain melalui internet.
4.Consumer-to-Business(C2B)
merupakan model perorangan yang menjual barang atau jasa kepada perusahaan.
Contoh
: Priceline (www.priceline.com), dimana konsumen menawarkan harga tertentu
dimana ia menginginkan membeli berbagai barang dan jasa, termasuk tiket pesawat
terbang dan hotel.
Website Prodi Sistem Informasi UNIDHA : http://si.unidha.ac.id
Dosen Pengampu PTI , Faradika, M.Kom : http://faradika.id
Komentar
Posting Komentar